Rabu, 08 Agustus 2012

(posting 190110) Surat Ijin Nikah

Mendekati hari H yang tidak boleh dilupakan (bisa fatal ne) adalah segera ngurus surat ijin nikah dan segala macam dokumen pendukungnya. Aku tidak tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengurus surat ijin nikah (belum bikin se) tapi untuk jaga2 lebih baik dari jauh2 hari sudah mulai mempersiapkan syarat2 yang dibutuhkan. Untuk proses pembuatannya:

Tingkat RT RW
Calon Pengantin Wanita (CPW) : Minta Pengantar ke kelurahan + keterangan masih lajang
Dokumen yang dibutuhkan : fotocopy KTP CPW & KK CWP (2 Lembar)
Calon Pengantin Pria (CPP) : Minta Pengantar ke kelurahan + keterangan masih lajang
Dokumen yang dibutuhkan : fotocopy KTP CPP & KK CWP (2 lembar), fotokopi KTP CPW (PENTING, agar ditulis keterangan menumpang menikah di KUA dekat tempat tinggal CPW)

Tingkat Kelurahan
CPW : Dibikinkan Surat Keterangan utk Nikah (N1), Surat Keterangan Asal Usul (N2*) dan Surat Keterangan tentang Orangtua (N4) buat dibawa ke KUA
Dokumen yang dibutuhkan : fotocopy KTP & KK CWP (@2 lembar) fotocopy KTP & KK CPP (@2 lembar), pengantar dari RT/ RW
CPP : Dibikinkan SURAT PENGANTAR KUA NUMPANG NIKAH (N1 & N4)
Dokumen yang dibutuhkan : fotocopy KTP & KK CPP (@2 lembar), fotokopi KTP & KK CPW (@1 lembar), pengantar dari RT/ RW

Tingkat KUA
CPP : Membuat SURAT NUMPANG NIKAH
Dokumen yang dibutuhkan : Surat Pengantar dari Kelurahan CPP, fotocopy KK & KTP CPP (@2 lembar), fotocopy KK & KTP CPW (@2 lembar)
CPW : Membuat Surat Pemberitahuan Hendak Nikah (N7), Surat Persetujuan Mempelai (N3) dan Surat dari Badan Penasihatan Pembinaan & Pelestarian Perkawinan (BP4)
Dokumen yang dibutuhkan : Surat Pengantar dari Kelurahan CPW, Surat Numpang Nikah CPP, KK CPW dan pas foto 2×3 (masing-masing 3 lembar)

Trus Surat N3 dan Surat BP4 diisi lengkap dan diserahkan ke Penghulu utk selanjutnya diperiksa bersama dengan keseluruhan berkas2 kita apakah sudah lengkap/ belum. (Untuk menghemat tenaga & waktu, pengembalian Surat N3 dan Surat BP4 bisa dibawa ketika kita bertemu penghulu pada saat kita mengikuti kursus Penataran Perkawinan yang jadwalnya sudah ditentukan di KUA tempat kita nikah. Biasanya ada tiap bulan & tidak dikenakan biaya lagi. Minta juga no telp penghulu yang bersangkutan, biar kita bisa janjian ketemuan)

Proses administrative dari mulai mendaftar- pelaksanaan pernikahan minimal 10 hari sesuai PMA (Peraturan Mentri Agama), jika lebih dari 10 hari terkena Dispensasi Camat. Masa 10 hari ini dilakukan aktifitas persiapan proses pelaksanaan nikah, pemeriksaan berkas kelengkapan nikah seperti N1 (surat kehendak nikah), N2 (surat Kehendak nikah calon), N3 (surat persetujuan KUA), N4 (surat persetujuan Orangtua), surat keterangan RT, RW, Kelurahan, fotocopy Kartu Keluarga, fotocopy KTP, Foto 2x3 dilengkapi berkas BP4 dan lembar-lembar pemeriksaan.

Biayanya karena masing2 daerah kemungkinan berubah/ berbeda, silahkan survei sendiri yach...

3 komentar:

  1. saya bingung nih dengan N3. Ini ngga datang bersama N1, N2 dan N4 ya? Karena anda bilang bahwa N3 ini diperoleh pada tingkat KUA, berarti hanya berlaku untuk calon pengantin muslim ya? thx

    BalasHapus
  2. iya y N1, N2 dan N4 kan sdh d urus d kelurahan, nah dokumen ini yg d bawa ke KUA sebagai lampiran pengantar untuk membuat dokumen N3, N7, BP4.
    kalau untuk calon pengantin non muslim saya kurang tahu y... mungkin N3 nya d dapat dr gereja. cabo cari2 aja dl informasinya. good luck untuk hari besarnya ^^

    BalasHapus
  3. jadi N3 itu dapatnya dari KUA ya. Ok thank you.

    BalasHapus

silahkan tinggalkan komentar yang santun dan sopan ^^